07 Februari, 2016

Belajar Cepat Mempelajari Mail merge menggunakan MS Word XP atau MS Word 2003

Mail merge menggunakan MS Word XP atau MS Word 2003

·         Pilih menu tools kemudian klik sub menu letter and mailing lalu mail merge sehingga muncul taskpane mail merge sebagai brikut:
·         Pilih letter dan klik next: starting dokumen untuk membuat dokumen utama sehingga muncul dibagian taskpane mail merge segagai berikut:
·         Pilih use the current document lalu klik next: Select recepients sehingga muncul dialog select recepients pada taskpane mail merge sebagai berikut:
-       Pilih Create untuk memasukan data yang akan dikirim sehingga muncul dialog:
-       Jika mau mengubah Field yang ada klik tombol custumize sehingga muncul dialog :
-       Hapus field-field yang tidak dibutuhkan dengan menekan tombol delete tambahkan field yang akan dijadikan field pada surat berantai dengan menekan tomol add sehingga muncul dialog:
-       Isikan nama field dan OK. Ulangi untuk nama field lain
-       Setelah membuat nama-nama field masukan data sesuai nama field kemudian simpan data tersebut dalam suatu nama file berextension mdb contoh:data.mdb
·         Langkah selanjutnya adalah memasukan name field pada surat atau coment utama dengan terlibih dahulu mengklik next: Write your letter  sehingga muncul dialog pada taspane Mail merge sebagai breikut:
Sehingga pada dokumen utama (surat) akan tampil nama-nama field yang disisipkan tadi contoh:
<<Nama>>
<<Jabatan>>
<<Alamat>>
·         Langkah selanjutnya adalah menampilkan isi field dengan mengklik  exllude this recepient sehingga pada dokumen utama (surat) nama field akan berubah seperti contoh berikut:
Dedi Wahyudi
Sekretaris Lab
Bogor
·         Selain mengunakan perintah-perintah pada dialog, perintah mail merge juga dapat dilakukan melalui toolbar mail merge sebagai berikut:









0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

New Entry Populer