1.featured SLANK Biar Happy

Masalah jangan didiamkan lebih baik kita bicarakan Persoalan jangan disimpan mending kita langsung kita selesaikan

2.featured SLANK Jurustandur

Mulutmu harimaumu, Bicara Sesuatu ... Cukup Yg Kau Perlu Berbuat Sesuatu ... Hanya Yang Kau Mampu

3.featured Intro Indonesia

IN dah sekali, Do ngeng tidurku NE nek yang bercerita, SIA papun percaya

4.featured SLANK Virus

Aku nggak mau menjadi setan yang menakutimu Aku nggak mau menjadi iblis yang menyesatkanmu

5.featured SLANK #1

Apa jadinya aku andai kamu gak ada Tanpa kamu aku bukan apa-apa

06 Februari, 2016

Cara menggunakan Fasilitas Section pada Microsoft Office Word

Section adalah salah satu bagian dari dokumen. Secara fisik section ini tidak dapat kita lihat, tidak seperti paragraf, kolom atau halaman. Section dapat dilihat dari perbedaan format yang ada. Adapun untuk melihat tanda secton kita dapat mengaktifkan show hide paragraph mark dengan cara mengklik icon  atau dengan menekan tombol Ctrl+shift+8 pada keyboard atau juga bisa dilihat melalui pada Status Bar yaitu berupa tulisan sec 1, sec 2.
Langkah-langkah membuat section break :
Þ          Pilih menu Insert – Break, tampil kotak dialog Break.

Keterangan :

Break type terdiri dari:
·         page break:  untuk menambah halaman baru
·         colum break: untuk pindah colom
·         text wreaping break: untuk menambah/menurunkan satu paragrap
Section break types terdiri dari :
·         Next page    : untuk membedakan section di halaman baru
·         Continuous  : untuk membedakan section dalam satu halaman yang sama
·         Even page   : untuk membedakan section pada halamana genap
·         Odd page     : untuk membedakan section pada halamana ganjil
Þ          Pilih Type section yang dikehendaki

Þ          Klik OK untuk menyetujui atau Cancel untuk membatalkan

Cara Penomoran Halaman pada microsoft word

Untuk membuat penomoran halaman kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Þ      Klik menu Insert, lalu klik Page Numbers, dan akan di tampilkan kotak dialog page numbers sebagai berikut :

Þ      Klik pada kotak position, untuk menentukan letak penomoran halaman yang terdiri dari ; Top Of Page untuk penomoran diatas halaman dan Bottom Of Page untuk penomoran di bawah halaman.
Þ      Alignment berfungsi untuk menentukan perataan halaman yang terdiri dari right = penomoran berada di sebelah kanan halaman, left = penomoran berada di sebelah kiri halaman dan center = penomoran berada di tengah-tengah halaman.
Þ      Jika kita ingin mengosongkan halaman pertama untuk diisi dengan format penomoran yang berbeda, maka kotak ceklis pada show number on first page di kosongkan
Þ      Klik Format  untuk memformat nomor halaman yang anda inginkan
Þ      Maka selanjutnya akan di tampilkan kotak dialog Page Number Format sebagai berikut :

Ø Number format berfungsi untuk memilih bentuk penomoran yang kita inginkan seperti 1,2,3….; i,ii,iii,…; a,b,c, …. dan sebagainya
Ø Include chapter number  berfungsi untuk menampilkan termasuk nomor bab
Ø Page numbering yang terdiri dari continous from previous section untuk melanjutkan penomoran dari section sebelumnya Start at berfungsi untuk menentukan nomor awal (pertama)
Þ      Klik OK untuk menyetujui atau Canel untuk membatalkan

Jika kita ingin mengubah format font nomor halaman, maka kita bisa membukanya melalui jendela Header and footer.

Belajar Cepat dan Praktis Cara Menggunakan Page Setup Pengaturan Halaman pada Microsoft Office Word 2003

Page setup adalah fasilitas Ms Word yang berguna untuk pengaturan halaman. Pengaturan halaman dapat dilakukan melalui kotak dialog page setup atau menggunakan ruler. Jika kita mengatur halaman melalui kotak dialog page setup kita akan menemui tiga tab yaitu margin tab, paper tab, layout tab. Langkah-langkah pengaturan halaman dapat dilakukan sebagai berikut:
Þ      Pilih dan klik menu File, Page Setup atau doble klik daerah ruler yang berwarna kusam. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan seperti berikut ini :

Þ      Pada tab Margin, tentukanlah jarak batas margin yang Anda inginkan:
·      Top        : untuk menentukan batas margin atas.
·      Bottom  : untuk menentukan batas margin bawah.
·      Left        : untuk menentukan batas margin kiri pengetikan.
·      Right     : untuk menentukan batas margin kanan pengetikan.
·      Gutter    : untuk menambahkan jarak penjilidan jika perlu
·      Gutter position: untuk menentukan letak jilid (atas, kiri atau kanan)
·      Tentukan arah kertas pada bagian orientation: portrait (tegak) atau landscape (tertidur)
·      Pada bagian pages, pilih multiple page ( normal: 1 lembar kertas untuk 1 halaman; 2 page per sheet: 1 lembar kertas untuk 2 halaman; mirror margin: untuk margin bolak balik, book fold:  margin untuk buku) jika perlu
Þ      Untuk mengubah ukuran kertas, pilih tab Paper sehingga tampil dialog sebagai berikut:

·      Pada bagian Paper Size klik tombol listbox sehingga tampil jenis ukuran kertas yang dapat kita pilih seperti Letter, A4, Legal, dan sebagainya. Untuk ukuran yang tidak tercantum dalam listbox tersebut dapat dilakukan langsung dengan mengisi nilai ukuran pada kotak isian Width untuk menentukan lebar kertas, dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertas sesuai dengan keinginan.
·      Pada bagian Paper sourch terdapat first page untuk menghususkan pemakaian kertas untuk halaman pertama setiap seksen sedangkan other page digunakan  untuk spesipikasi pemakaian kertas setelah halaman pertama setiap seksen.
·      Print option barguna untuk mengatur pilihan pada pencetakakan
Þ      Untuk pengaturan letak atau pembedaan Header dan Footer serta pengaturan alignment halaman maka kita dapat memilih tab Layout sehingga tampil dialog sebagai berikut:

·      Section start digunakan untuk mengubah permulaan section, yakni continous, New column, new page, even page dan odd page 
·      Header and footer digunakan untuk membedakan header atau footer untuk halaman ganjil dan genap  (different odd and even) atau membedakan halaman pertama saja (different first page). Pada bagian ini juga dapat diatur ukuran margin untuk header dan footer
·      Page  vertical alignment untuk mengatur posisi teks satu halaman atau posisi teks terhadap margin top dan bottom
·      Line number untuk menampilkan nomor baris
·      Border  untuk menetukan border halaman
Þ      Pilihlah Apply To yang terdapat pada bagian priview di setiap tab page setup untuk menerapkan setingan page setup tersebut di atas apakah untuk semua dokumen (whole document) atau bagian ini saja (This section). Gambaran hasilnya dapat dilihat pada bagian Preview

Þ      Klik OK untuk menyetujui atau Cancel untuk membatalkan.

Langkah-langkah pembuatan footnote dan endnote pada microsoft office word

Footnote (catatan kaki) dan endnote (catatan akhir) adalah informasi/catatan mengenai suatu topik untuk memberikan keterangan tambahan pada naskah/teks, misalnya penjelasan tentang referensi, penjelasan detail dan sebagainya.
Langkah-langkah pembuatan footnote :
1.        klik menu insert ® reference ® klik footnote (untuk word 2000 : klik menu insert ® klik footnote and endnote) sehingga muncul kotak dialog footnote and endnote sebagai berikut :

Keterangan:
-        Location;  tempat footnote atau endnote terdiri dari:
a.      Jika memilih Footnotes lokasinya bottom of page atau benet text
b.      Jika memilih Endnotes lokasinya end of section atau end of document
-        Format (untuk memformat penomoran footnote atau endnote) terdiri dari:
a.        Number format (untuk memilih bentuk penomoran yang tersedia)
b.        Custom mark (untuk membuat penomoran sendiri  dengan simbol)
c.        Start at (untuk mengatur awal penomoran)
d.        Numbereing (untuk mengatur kesinambungan penomoran dengan pilihan continous, repeat each section atau repeat each page)
-        Apply change (penerapan footnote atau endnote dengan pilihan setiap section atau setiap dokumen)
  1. Klik Insert sehingga kursor berpindah ke daerah footnote atau endnote
  2. Ketik teks yang akan dijadikan footnote atau endnote.
Selain cara di atas dapat pula dilakukan langsung melalui shortcut dari keyboard. Untuk membuat footnote dengan shortcut adalah tekan tombol Ctrl+Alt+F maka kursor akan langsung berpindah ke daerah footnote yang berarti siap untuk membuat footnote
Sementara untuk membuat endnote dengan shortcut adalah tekan tombol Ctrl+Alt+D maka kursor akan langsung ke daerah endnote di akhir dokumen dan siap untuk mengetik teks catatan akhir.
Jika kita hendak melihat isi footnote atau endnote dapat dilakukan dengan cara mendekatkan pointer mouse ke nomor footnote atau nomor endnote yang ada di daerah naskah sehingga akan ditampilkan isi footnote atau endnote.
Untuk perpindahan kursor dari naskah ke daerah footnote atau kembali ke daerah naskah/lembar kerja dapat dilakukan dengan cara klik menu View kemudian klik submenu footnote atau endnote atau double clik nomor footnote/ nomor endnote yang dikehendaki. 

Cara menggunakan Fasilitas Drawing atau menggambar pada MS.Word

1.       Fasilitas Gambar
Fasilitas untuk membuat gambar terdapat pada toolbar drawing, adapun tampilan dari toolbar drawing adalah sebagai berikut :



Keterangan :
1.    Draw                   : Berisi menu untuk mengatur gambar yang dibuat
2.    Select Object       : Mengaktifkan/memilih gambar yang telah kita buat
3.    Auto Shapes        : Berisi berbagai bentuk gambar yang dapat di akses
4.    Line                     : Menggambar garis lurus
5.    Arrow                  : Menggambar garis dengan anak panah
6.    Rectangle            : Menggambar kotak persegi empat/panjang
7.    Oval                    : Menggambar elips atau lingkaran
8.    Text Box             : Menggambar kotak dengan teks di dalamnya
9.    Insert WordArt      : Memasukan objek wordArt (tulisan indah)
10. Insert Diagram     : Menyisipkan objek berupa grafik
11. Insert Clip Art      : Memasukan gambar yang telah tersedia dalam windows
12. Insert Picture       : Memasukan gambar dari lokasi/folder tertentu
13. Fill Color              : Memberi warna isi objek
14. Line Color            : Memberi warna garis objek
15. Font Color           : Memberi warna hurup
16. Line Style            : Menebalkan atau menipiskan model garis
17. Dash Style          : Memilih bentuk garis
18. Arrow Style          : Memilih/mengatur anak panah pada garis
19. Shadow               : Memberi bayangan pada gambar
20. 3 – D                   : Membuat gambar menjadi kelihatan 3 dimensi

2.        Langkah-Langkah Membuat Gambar

Cara membuat gambar atau objek yaitu dengan meng-klik icon gambar/objek yang diinginkan baik itu berupa garis, kotak, oval, atau gambar-gambar yang diambil dari auto shapes. Setelah diklik kemudian klik darg di lokasi dokumen tempat kita mau menyimpan gambar, lalu lepas klik mouse setelah gambar itu sudah sesuai dengan yang kita inginkan baik tinggi atau lebarnya. Apabila kita hendak memanipulasi gambar kita dapat menggunakan menu draw atau icon-icon yang terdapat pada toolbar drawing tersebut.

Langkah-Langkah Membuat Tabel Melalui Icon Insert Table Dari Tolbar Standar

Table adalah merupakan perintah yang menampilkan data atau informasi dalam bentuk baris dan kolom. Seluruh perintah untuk membuat dan memanipulasi tabel termuat dalam menu Table. Selain menggunakan menu table, pembuatan dan manipulasi tabel dapat dilakukan melalui icon-icon pada toolbar table and borders
Langkah-Langkah Membuat Tabel Melalui Icon Insert Table Dari Tolbar Standar
Þ    Letakkan kursor di daerah tempat akan dibuat tabel
Þ    klik icon insert table , geser mouse untuk menentukan banyaknya baris dan kolom yang diinginkan, kemudian klik maka terbuatlah table yang dinginkan
Manipulasi Tabel
Perintah
Cara dan Lagkah-langkah
Blok table :
1.   klik menu table ® klik select table
2.   klik icon  di daerah pojok kiri atas table
Blok kolom :
1.   Klik menu table ® klik select column
2.   klik diatas kolom yang akan di blok pada keadaan pointer mouse berbentuk panah hitam
Blok baris
1.    Klik menu table ® klik select row
2.    klik dikiri baris yang akan di blok pada keadaan pointer mouse berbentuk panah hitam
Blok cell (range)
Klik drag  sel yang dinginkan
Manifulasi huruf isi sel
Dapat dilakukan seperti perubahan huruf pada teks lainnya (lihat kembali format font)
Perataan isi sel
1.   Melalui icon : klik   pilih salah satu icon yang di inginkan
2.   Melalui menu popup : klik kanan pada sel/kolom/baris tabel ® klik cell aligment ® pilih salah satu icon
3.   menggunakan kotak dialog table propertis
Mengubah lebar kolom
1.  geser (drag) garis antar kolom yang akan diubah lebarnya lalu geser  ke kanan/kiri
2.  melaul ruler geser ke kiri atau kanan  tanda  yang ada pada ruler
3.  melalui kotak dialog table propertis isikan pada prepered width
Mengubah tinggi baris
1.  geser (drag) garis antar baris yang akan diubah tinginya ke atas/bawah
2.  melaul ruler geser ke atas/bawah  tanda  yang ada pada ruler
3.  melalui kotak dialog table propertis isikan pada specify height
Menyamakan lebar beberapa kolom
1.  blok beberapa kolom yang akan di samakan lebarnya
2.  klik icon distribute colum evenly  yang ada pada ruler
Menyamakan tinggi beberapa baris
1.  blok beberapa kolom yang akan di samakan lebarnya
2.  klik icon distribute row evenly  yang ada pada ruler
Menambah kolom
1.  blok kolom yang akan disisipi kolom
2.  klik menu table ® klik insert column atau klik kanan ® pilih insert column
Menambah baris
1.  blok baris yang akan disisipi baris
2.  klik menu table ® klik insert row atau klik kanan ® pilih insert row
Menggabungkan sel
1.  pilih/blok beberapa sel yang akan digabung
2.  klik menu table®pilih merge cell atau klik icon merge cell
Membagi atau memisahkan  sel
(split cell)
1.  pilih satu atau beberapa sel
2.  klik menu table ® pilih split cell atau icon  sehinga mucul kotak split cells
3.  masukan jumlah baris dan kolom yang diinginkan
4.  klik OK
Menghapus baris/kolom
1.  blok baris/kolom yang akan dihapus
2.  klik menu table atau klik kanan pilih delete row atau delete column
Mengubah garis
1.  blok sel yang akan diubah garisnya
2.  lakukan perintah format border melalui menu Format borders and shading
Latar sel
1.  blok sel yang akan diberi latar
2.  lakukan  perintah format shading melalui menu format borders  and shading
Mengatur arah teks
1.  pilih sel yang akan diubah arah teksnya
2.  klik kanan ® pilih text direction sehingga muncul kotak dialog
3.  pilih salah satu arah teks yang diinginkan
4.  klik OK
Perhitungan otomatis
1.  simpan kursor pada sel yang akan disimpan hasil perhitungannya

2.  klik menu table® formula sehingga muncul dialog formula
3.  pilih salah satu formula dari paste function yang dikehendaki
4.  ketik letak sel nilai akan dihitung di dalam tanda kurung
5.  klik OK

Popular Posts

New Entry Populer