10 November, 2014

Album Studio SLANK = 02. Kampungan (Des 1991)

Album Studio Ke-2 SLANK
Judul Album : KAMPUNGAN
Isi Album : 12 lagu
Rilis : Desember 1991
Diedarkan dalam bentuk : Kaset dan Compact Disc (CD)
SLANK are:
Bimbim ‘Slank’ Sidharta : (Drum),
Pay ‘Slank’ : (Gitar),
Bongky ‘Bong Slank’ : (Bas),
Kaka J ‘Slank’ : (vocal),
Indra Q ‘Slank’ : (Keyboard)
Backing Vocal : Ivie Ariesta
Producer/ Manager : Boedi Soesatio
Produksi : Proyek Q
Distributor  : Program/ Virgo Rec
Printing : BSP PRD.
Sound Engineer : Teddy Riady
Studio : Jackson Rec
Design/ Photo : Boedi Soesatio
Single Hits  : Terlalu Manis

TRACK LIST :
SIDE A :
01. Kampungan
02. Nggak Rock ‘N Roll
03. Mawar Merah
04. Terlalu Manis ( Versi Suka-suka)
05. Nina Bobo
06. Bali Bagus

SIDE B :
07. Aborsi
08. Anak Terbuang
09. Pulau Biru
10. An + ~ = +.’~>”
11. Teng-teng Blues
12. Terlalu Manis (Versi Jualan)

Album ini merupakan album kedua SLANK berisi 12 lagu yang diciptakan di tahun pertama kejayaan SLANK yang dikerjakan oleh Bimbim SLANK Sidharta (Drum), Pay SLANK (Gitar), Bongky ‘Bong SLANK (Bass), Kaka J SLANK (vocal), dan Indra Q SLANK (Keyboard). Serta kehadiran dua gadis cantik yakni Ivie Ariesta/Oppie Andaresta & Irma June sebagai backing vocal. Di album ini SLANK terlihat lebih garang dengan kehadiran beberapa lagu yang liriknya terkesan sebagai luapan emosi para personil SLANK, dan salah satu lagu yang kena sensor adalah lagu An +.=+.’~>. Album ini diproduseri oleh Boedi Soesatio bersama Proyek Q, dengan pendistribusian oleh Program/Virgo Rec serta printing untuk cover-nya ditangani oleh BSP PRD. Untuk proses rekaman SLANK melakukannya di Jackson Rec dengan Teddy RIady sebagai soun engineer. Untuk single hits di album ini SLANK mengandalkan lagu Terlalu Manis dan Mawar Merah.

#Catatan
Setelah kesuksesan album pertama tadi, SLANK jadi sering tampil di berbagai acara. Mulai dari acara Kampus, Televisi, hingga panggung luar Kota. Berkat keterampilan dan penguasaan studio, maka banyaklah eksperimen – eksperimen tak terduga yang tercipta di SLANK formasi 13 ini. Namun dalam perjalanan SLANK yang bisa dibilang langkah baru SLANK ini, masih saja terjadi beraneka masalah yang melanda SLANK. Mulai dari keributan antara Indra dan Pay yang berebut mengisi permainan melodinya di lagu – lagu SLANK, (kalau mereka udah berantem,yang jadi penengahnya adalah Bimbim) Hingga kejadian yang kurang diketahui publik, yaitu hengkangnya Pay dari SLANK formasi 13 karena kesibukannya ngebecak atau membantu Musisi lain. Namun karena bujuk rayu para Personil SLANK yang lain, akhirnya Pay dapat mengubah niatannya tersebut. Hikmah dari kejadian tersebut adalah, terciptanya sebuah lagu SLANK yang sangat melegenda dan hingga saat ini telah dibuatkan 5 versi oleh SLANK, dan Versi disco yang diremix oleh DJ Asoen yang terdapat di album Slank Party Nonstop DJ Remix, yaitu lagu ‘Terlalu Manis’.

Selain itu, Bimbim juga hendak menuturkan mimpinya lewat sebuah lagu. Tidak mau kalah dengan Amerika yang punya American Dreams, Bimbim juga punya mimpi Indonesian Dreams. Bimbim bertanya kepada Indra Q, “Ini lagu enaknya tentang apa ya liriknya?,” Kemudian Indra Q menjawab, “PLANET X, planet punya kita sendiri,” Berkat segala kekompakan mereka tersebut, terciptalah sebuah lagu yang menjadi nama sebuah Komunitas Anak muda kreatif yang sering nongkrong di Jl.Potlot 14, hingga menjadi Manajemen SLANK hingga saat ini, yaitu lagu ‘Pulau Biru’. Beragam lagu yang tercipta di tahun pertama kejayaan SLANK tersebut kemudian dirangkum dalam sebuah album yang diberi judul ‘KAMPUNGAN’. Album dengan desain cover yang sangat berbeda dari yang lain. Kalau biasanya cover album berbahan kertas, kali ini SLANK membuat cover album berbahan kain yang tentunya dapat disetrika. Album ini berisi 12 Lagu yang di dalamnya juga terdapat sebuah lagu anak – anak yang dinyanyikan SLANK dengan iringan Piano yang dimainkan Indra Q serta dengkuran dari Si To’ yang merupakan Office Boy Jackson studio tempat SLANK rekaman. Banyak yang mengira kalau suara dengkuran tersebut adalah suara dengkuran Indra, tapi sebenarnya bukan. Hingga saat ini pun, To’ masih belum mempercayai kalau itu adalah suara dengkurannya.

Dalam album yang desain cover penuh kecerahan yaitu pilihan warna merah hati sebagai warna dasarnya ini juga memuat beraneka lagu yang bisa dibilang berani. Dimana SLANK memasukkan beraneka lagu dengan lirik yang terkesan merupakan luapan emosi dari para Personil SLANK, dan di album ini juga terdapat sebuah lagu yang kena sensor sehingga judulnya menjadi ’An +.=+.’~>’. Di lagu ini, Alm.Andy Liany juga turut membantu ngebacking vocalnya Kaka. Tak hanya lagu ’An +.=+.’~>, salah satu lagu yang ikut disensor adalah lagu ‘Bali Bagus’ yang salah satu liriknya ditiban suara ‘tiiiiiiiit’. Dengan lagu andalan berjudul ‘Mawar Merah’ yang kemudian diedarkan dalam bentuk kaset dan compact dis (CD) pada Desember 1991, album ini pun berhasil meraih Penghargaan penjualan album terbaik 1991 – 1992 kategori Pop Rock dalam BASF Awards.

#SLANKfakta
  • Keunikan dari album ini adalah cover-nya yang berbahan dasar kain, sehingga bisa disetrika.
  • Album ini meraih penghargaan penjualan album terbaik 1991 – 1992 kategori Pop Rock dalam BASF Awards.
  • Di album ini terdapat lagu anak-anak berjudul Nina Bobo yang didalamnya terdapat suara dengkuran yang nggak lain adalah suara ngoroknya Si To’ (Office Boy) Jackson studio tempat SLANK rekaman.
  • Lagu SLANK yang sangat melegenda yakni Terlalu Manis dan terdapat di album ini tercipta untuk Pay yang sempat hengkang dari SLANK Formasi 13.
For more info,
Download all SLANK songs on iTunes! http://goo.gl/BZKWIM
Listen SLANK on Spotify! http://goo.gl/CfG9LV

SLANK on Deezer! http://goo.gl/Evw9FT


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

New Entry Populer