10 November, 2014

Album Studio SLANK = 08. Mata Hati Reformasi (Mei 1998)

Album Studio Ke-8 SLANK
Judul Album : MATA HATI REFORMASI
Isi Album : 16 lagu
Direkam : 13 Mei - 30 Juni 1998
Rilis : Juli 1998
Diedarkan dalam bentuk : Kaset dan Compact Disc (CD)
SLANK are:
Bimbim   : Drums,
Kaka : Vocal,
Ridho : Gitar,
Abdee : Gitar,
Ivanka : Bass
Executive Producer : Bim2 ‘Slank’ Sidharta for Slank Rec
Producer          : Bim2 & Slank
Produksi : Slank Record
Distribusi oleh   : Ridwanto for Program (Virgo Ramayana Rec)
Operator, Sound Engineer & Mixing : Wolf … Auuu … (kecuali Punk Java, Full Moon Blues, Nggak mau percaya! dimixing oleh Wawan hijau)
Design Oleh : Wiwid Adiva
Bonus : Kalung Slank
Single Hits  : Ketinggalan Jaman
Personel : Formasi 14

TRACK List :
SIDE A :
01. Nagih
02. Ketinggalan Jaman
03. Missing Person (tren Orang Ilang!)
04. Bela Diri
05. Naik-naik Kepuncak Gunung
06. L.O.V.E
07. Cuma Untuk Mu (anuku)
08. Aktor Intlektual

SIDE B :
09. Naluri Binatang
10. Gadis Selebriti
11. Neangan Manuk?
12. Nggak Mau Percaya
13. Siapa yang Salah
14. Funky Junkie
15. Pulmoon blues
16. Punk Java

Album ini adalah album kedelapan SLANK yang berisi 16 lagu dan dimainkan oleh Bimbim : Drums, Kaka : Vocal, Ridho : Gitar, Abdee : Gitar dan Ivanka : Bass. Album yang diedarkan dalam bentuk kaset & compact disc ini diproduseri oleh Bimbim for SLANK Records & SLANK dan untuk pendistribusiannya dibantu oleh Ridwanto for Program (Virgo Ramayana Rec). Operator, sound engineer & mixing untuk album ini adalah WOLF (kecuali lagu Punk Java, Full Moon Blues, dan Nggak Mau Percaya di-mixing oleh Wawan Hijau.) Desain cover yang melambangkan apa yang jadi judul album ini didesain oleh Wiwid Adiva & bonus untuk pembelian album ini adalah sebuah kalung SLANK. Untuk album yang punya hits single Ketinggalan Jaman ini, SLANK lebih menyuarakan tentang sosial politik dimana dalam peluncurannya hampir berbarengan sama REFORMASI Indonesia.

Lagu-lagu di album ini banyak bercerita tentang masalah sosial dan pemerintahan di zaman reformasi. Ketinggalan Zaman menjadi andalan di album ini. Slank juga mengaransemen ulang lagu tradisional yang diberi judul Punk Java. Di album ini juga terdapat sebuah lagu yang seharusnya di rilis pada album Tujuh namun terkena sensor. Namun saat Orba rezim Soeharto runtuh, lagu tersebut bisa masuk dalam album ini. Siapa Yang Salah adalah judul lagunya. Yang unik dari lagu ini adalah lagu ini hanya dimainkan oleh Bimbim dan Kaka. Mereka berdua yang memainkan semua. Bimbim juga mengambil dua porsi lagu yang dia nyanyikan. Aktor Intelektual dan Nggak Mau Percaya. Di album ini Slank memberi bonus sebuah kalung tiap satu buah kaset original. Ada peringatan di belakang kaset untuk didampingi kepada pendengar dibawah umur. Banyak lagu yang direkam secara live di album ini.

#SLANKFakta
  • Dalam proses rekaman lagu Nggak Mau Percaya, SLANK jadiin sendok, gelas, & kopi tubruk ¼ gelas sebagai perkusi, dan suara dari mulut Kaka yang berbunyi tok tak-tak tok.
  • Logo-logo SLANK di cover album dibikin sama Kaka SLANK.
  • Suara cewek yang teriak “Aww..” di lagu Gadis Selebriti diisi sama Lucy (anak kost deket studio).
  • Bimbim maen drum tanpa stick (pake tangan) di lagu Neangan Manuk.
  • Di lagu Aktor Intelektual terdengar harmoni musik Chinese yang berasal dari hp-nya Bimbim.
  • Info tambahan mengenai lirik lagu Siapa Yang Salah ditulis SLANK di buku petunjuk obat batuknya Kaka & diselipin di cover dalam album ini.
  • Lirik lagu Bela Diri ada 2 butir. (Salah cetak/salah desain mungkin).
  • SLANK dinilai lebih garang dengan terdapatnya lagu yang berirama keras seperti lagu NAGIH dan PUNK JAVA
  • DI album yang waktu rilisnya tak lama setelah reformasi yang terjadi di Indonesia ini, SLANK lebih banyak bercerita tentang apa yang terjadi di Indonesia selama setahun sebelum reformasi. Salah satunya adalah lagu AKTOR INTELEKTUAL yang dinyanyikan oleh Bimbim
  • Selain berisi lagu yang bertema sosial politik, tentunya di lagu ini juga terdapat lagu yang bertema cinta. Seperti lagu FULL MOON BLUES yang dimainkan SLANK secara akustik
  • Lirik lagu Bela Diri ada 2 butir. (Salah cetak/salah desain mungkin).


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

New Entry Populer