17 November, 2014

5 Faktor slank bisa bertahan sampai usia 31 Tahun Desember 2014

HAPPY BIRTHDAY YANG KE-31 UNTUK SLANK

5 Faktor slank bisa bertahan sampai usia 31 Tahun Desember 2014
membicarakan superband yang satu ini memang tak ada habisnya, tanggal 26 desember ini slank akan genap berusia 31 tahun tepatnya 26 Desember 2014. Wah, usia yang sangat dewasa di dunia musik. Dan cukup bisa survive dalam persaingan bisnis musik di Indonesia dengan gempuran band – band baru yang datang dan pergi. Kali ini saya akan sok menganalisa bagaimana slank masih bisa survive di dunia musik sampai sekarang.

1. MUSIK
Music slank selalu bermetamorfosa. Di awal kehadirannya, slank cenderung kearah rock yang progresif. Lalu semakin ke depan warna musik slank menjadi lebih bervaratif dan banyak bereksperimen seiring masuknya abdee, ivan dan ridho. Tapi satu hal yang tidak pernah berubah. Satu atau dua lagu dari tiap album slank pasti ada lagu yang beriramakan blues, seakan akan inilah dasar dari semua musik slank. Perubahan – perubahan inilah yang membuat musik slank tetap disukai, karena mengikuti perkembangan zaman.

2. SLANKERS
Ya, ini adalah salah satu elemen penting slank bisa bertahan sampai sekarang. Penggemar slank yang biasa disebut slankers sangat loyal dengan slank. Kemanapun slank pergi, disitu pasti slankers berada. Bahkan sampai slankers yang jauh dari luar kota rela datang untuk menonton pujaan mereka. Bahkan sebuah petunjukan musik yang tidak ada slank yang tampil, bendera slank selalu ada. Kata teman saya itu chauvinisme slankers. Tapi menurut saya, itu adalah gambaran kalau slankers menyukai segala jenis musik dan malah tidak bersifat eksklusif.
Nah, apa yang membuat slankers sampai sedemikian fanatik. Ternyata slank yang memanjakan slankers. Di potlot, markas slank pintu dibuka untuk umum bagi para slankers yang mau datang. Yang mau melihat idolanya dari dekat. Yang kedua ada bulletin yang setiap bulan hadir bernama Koran slank. Koran slank ini adalah salah satu media antara slank dan para slankers berkomunikasi, selain itu media ini juga salah satu cara slank untuk member pengetahuan dan mencerdaskan para slankers dengan artikel – artikelnya.

3. STRATEGI JUALAN
Penghasilan musisi sekarang ini bisa dibilang hanya melalui nada sambung pribadi dan konser. Bagaimana dengan kaset dan cd? Semakin maraknya pembajakan sekarang ini, maka semakin kecil pula mengharapkan keuntungan dari kaset dan cd. Meskipun banyak slankers yang beli kaset dan cd nya kalau harga kaset dan cd semakin mahal maka mereka pun malas membeli. Tapi slank punya strategi yang aneh soal jualan kaset dan cd nya. Setiap penjualan albumnya pasti disisipkan bonus berbagai hal menyangkut slank. Dari pick gitar, Koran slank, kaos, vcd konser mereka, sampai celana dalam. Ya, hal – hal ini yang tidak dilakukan oleh band – band lain. Hal inilah yang membuat penjualan album mereka paling tidak lebih baik dari band yang lain.

4. LIRIK
Kekuatan lirik, itulah yang membuat saya suka lagu – lagu slank. Lirik lagu slank itu lugas dan apa adanya. Selain itu lirik slank tidak hanya cinta dan cinta tapi ada tentang kondisi kekinian bangsa ini, ada juga yang bercerita tentang alam, masalah social. Sehingga lirik – lirik lagu slank bisa mengena ke semua orang. Buat orang yang suka lagu – lagu mainstream lagu bertema cinta slank sangat pas. Bagi yang suka dengan alam, ada juga lagunya. Begitu juga untuk yang lainnya. Kekuatan lirik inilah yang membuat slank banyak disukai orang.

5. KEGIATAN DILUAR MUSIK
Semakin dewasa orang akan cenderung bijak, itu juga terjadi di slank. Dulu slank dikenal, musisi yang suka nge-drugs, musisi yang suka minta disediain cewek kalo lagi konser (ini berita simpang siur sih…). Nah sekarang slank pun berubah menjadi lebih positif. Setelah bebas dari drugs, slank pun berkampanye untuk anti narkoba, bahkan akhir – akhir ini slank juga aktif dalam hal pemberantasan korupsi. Selain itu slank juga bergabung dengan pro fauna. Kegiatan – kegiatan positif ini secara tidak langsung banyak orang melirik slank, dan masih memperhitungkan sepak terjang mereka.
Lima faktor diatas yang menurut saya membuat slank bisa bertahan sampai sekarang. Semoga di usia yang 31 ini slank semakin dewasa. Tetap teguh pada tujuannya, meski banyak rintangan. Jurus Tandur.

HAPPY BIRTHDAY YANG KE-31 UNTUK SLANK

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

New Entry Populer